Selamat Datang di Portal Website Resmi Pemerintahan Nagari Tj.Haro Sikabu-kabu Pd.Panjang | Informasi Nagari adalah Hak Masayarakat - UU RI No 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi | AWASI Pembangunan Nagari Kita - LAPORKAN Bila Ada Penyimpangan

Artikel

BLT Pekerja, BPJS Ketenagakerjaan Minta Karyawan Dorong HRD Segera Setorkan Nomor Rekening

14 Agustus 2020 14:42:00  Pemerintahan Nagari  156 Kali Dibaca  Nasional

Warta Nagari | Jakarta | Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, Agus Susanto meminta, agar para pegawai dengan upah di bawah 5 juta, dan tercatat sebagai peserta BPJS TK, mendorong HRDnya masing-masing segera menyetorkan nomor rekening ke pihak BPJS. Hal itu dimaksudkan agar pendataan yang dilakukan oleh BPJS tepat waktu dan pencairan subsidi upah bisa segera dilakukan.

“Sekali lagi kami meminta kerja sama semua pihak untuk melakukan validasi ini. Dan kami sedang lakukan pengumpulan nomor rekening bank, karena memang data yang ada di Jamsostek selama ini tidak ada nomor rekening bank. Saat inilah kami sedang mengumpulkan. Kami meminta kerjasama seluruh perusahaan, kami minta kerjasama seluruh pekerja untuk dorong para perusahaan dan HRD masing-masing. Agar segera melaporkan nomor rekening banknya kepada BP jamsostek agar kami punya waktu untuk melakukan validasi berikutnya,” ujar Agus, di kantor presiden, Senin (10/08/2020).

Menurut Agus, sampai dengan 30 Juni 2020, sistem pendataan BPJS ketenagakerjaan mencatat ada lebih dari 15,7 juta pegawai dengan upah di bawah 5 juta yang aktif membayar iuran. Namun hingga saat ini baru sekitar 700 ribu sampai 1 juta nomor rekening yang masuk ke BPJS Ketenagakerjaan. Maka dari itu Agus meminta agar para HRD segera melakukan validasi dan memberi rekening para pegawai.

“Data by name by address, perusahaan apa, alamatnya sudah jelas. Yang belum ada adalah nomor rekening, karena akan ditransfer langsung kepada para pekerja, sehingga BPJS butuh waktu untuk collect para pekerja. Kami informasikan para pekerja ini, data ini kami kembalikan ke perusahaan, tolong dicek, data kami upah di bawah 5 juta, lengkapi nomor rekeningnya. Kalau salah keluarkan. Sistem ini sudah ada, kami ada sistem real time dari BPJS yang terhubung dengan seluruh perusahaan.” Ujar Agus. 

Sebelumnya Pemerintah menyatakan bakal berupaya agar insentif atau bantuan langsung tunai (BLT) bagi pekerja swasta berpenghasilan di bawah Rp5 juta bisa dipermudah syarat dan ketentuannya. 

Staf Khusus Menteri Keuangan, Yustinus Prastowo mengatakan, data formal yang saat ini tersedia baru sebatas dari BPJS Ketenagakerjaan. Sementara itu, diperlukan mekanisme lain agar bisa menjangkau pekerja resmi, yang belum masuk dalam database tersebut.

"Ini tantangan buat pemerintah, bagaimana memastikan semua bisa mendapatkan. Menurut kami yang bisa dilakukan adalah selain menggunakan data formal yang tersedia, juga dibuka ruang untuk secara voluntary menerima pendaftaran. Jadi para peserta atau calon penerima ini, bisa mendaftarkan diri, baik melalui pemberi kerja maupun sendiri-sendiri. Sehingga, bisa dapat insentif dan bansos ini. Syaratnya harus mudah, cukup keterangan bekerja dan penghasilan, self declaration saja menurut saya, dengan identitas yang jelas terutama NIK," ujar Prastowo saat Dihubungi KBR, Kamis (6/8/2020).

Oleh : Dwi Reinjani

Editor: Rony Sitanggang
[KBR|Warita Desa]

Kusaeni
16 Agustus 2020 01:54:42
HRD nya aja tidak mendata karyawan nya yg punya rekening aja tidak. Gimana bisa dpt BLT
M YUSUF
15 Agustus 2020 17:23:32
Bagaimana jika pihak hrd tidak proaktif, bagaimna nasib karyawan yg gaji nya di bawah 5 juta, apakah akan tetap mendapatkan hak bansos tsb
M YUSUF
15 Agustus 2020 17:22:17
Bagaimana jika pihak hrd tidak proaktif, bagaimna nasib karyawan yg gaji nya di bawah 5 juta, apakah akan tetap mendapatkan hak bansos tsb

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Nagari

Back Next

Layanan Mandiri

    Silakan datang atau hubungi operator Nagari untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Arsip Artikel

08 Januari 2019 | 61.147 Kali
Struktur Organisasi Serta Tugas dan FUngsi Badan Musyawarah Nagari (BAMUS)
31 Oktober 2017 | 59.713 Kali
Tugas Pokok dan Fungsi Pemerintahan Nagari
31 Oktober 2017 | 58.597 Kali
Gambaran Umum Kondisi Nagari
26 November 2019 | 58.589 Kali
Profil Wali Nagari Tanjung Haro Sikabu-kabu Padang Panjang
09 April 2018 | 58.550 Kali
ALUR dan JENIS LAYANAN DI KANTOR WALI NAGARI
31 Oktober 2019 | 58.465 Kali
Struktur Organisasi
15 Januari 2019 | 58.424 Kali
Profil Perangkat Nagari

Agenda

Wilayah Nagari

Statistik Penduduk

Sinergi Program

Smartdukcapil
cOVID 50 KOTA
KEMENDAGRI Kementrian Desa Menpan RB
Portal Kab.Lima Puluh Kota Kominfo Lima Puluh Kota BPS Kab.Lima Puluh Kota
Komisi Informasi BPJS Online Legusa Fest
OPENDESA OPENSID
nagari-news.com

Info Media Sosial

LOKASI KAYU KOLEK

Youtube Kayu Kolek

Komentar Terkini

Vidio Potensi Nagari

Poling Kepuasan Masyarakat

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:1.695
    Kemarin:2.595
    Total Pengunjung:853.296
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.237.71.23
    Browser:Tidak ditemukan