• Kampung Baru Jr.Padang Panjang
  • +62 852 4609 8111
  • tanjungharosikabu2pp@gmail.com
INFO
  • Selamat Datang di Portal Website Resmi Pemerintahan Nagari Tj.Haro Sikabu-kabu Pd.Panjang | Informasi Nagari adalah Hak Masayarakat - UU RI No 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi | AWASI Pembangunan Nagari Kita - LAPORKAN Bila Ada Penyimpangan

Strategi, Kebijakan & Program Nagari

10 November 2017 Pemerintahan Nagari RPJM 2016 - 2021

A. STRATEGI DAN ARAH KEBIJAKAN

Strategi dan arah kebijakan merupakan rumusan perencanaan komprehensif yang tertuang dalam RPJM Nagari Sikabu-Kabu Tanjung Haro Padang Panjang. Rumusan strategi dan arah kebijakan merupakan teknik dari pemerintah Nagari untuk melakukan upaya dalam mencapai Visi, Misi, tujuan dan sasaran serta target kinerja RPJM Nagari dengan efektif dan efisien selama 6 (enam) tahun ke depan.

Strategi dituangkan secara lebih rinci ke dalam Misi 1 sampai dengan Misi 5 berdasarkan pendekatan urusan/bidang sebagai berikut :

  1. Bidang Penyelenggaraan Pemerintah Nagari
  2. Bidang Pembangunan Nagari
  3. Bidang Pembinaan Kemasyarakatan nagari
  4. Urusan Pemberdayaan Masyarakat

Dalam rangka pencapaian visi dan misi serta untuk mencapai tujuan dan sasaran pembangunan Nagari 6 tahun kedepan maka Pemerintah Nagari menyusun rumusan strategi dan arah kebijakan.

B. KEBIJAKAN UMUM DAN PROGRAM PEMBANGUNAN NAGARI

Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Nagari Sikabu-Kabu Tanjung haro Padang Panjang 2016-2022 merupakan dokumen perencanaan pembangunan yang disusun berdasarkan kebutuhan Nagari dengan memperhatikan RPJMD Kabupaten Lima Puluh Kota 20016-2021. Kebijakan umum pembangunan Nagari Sikabu-Kabu Tanjung Haro Padang Panjang periode 2016-2022 merupakan kebijakan umum pembangunan yang telah disesuaikan dengan visi, misi Wali Nagari periode 2016-2022.   

Kebijakan umum dalam pembangunan Nagari Sikabu-Kabu Tanjung Haro Padang Panjang tahun 2016-2022 adalah sebagai berikut : 

  1. Pembenahan dan pemantapan manajemen perangkat, pendayagunaan perangkat, penerapan teknologi informasi dalam sistem pelayanan publik dan terbangunnya perangkat Nagari yang bersih dan bebas KKN.
  2. Pembangunan gedung perkantoran dan fasilitas penunjang oleh Pemerintah maupun swasta serta pemindahan seluruh aktivitas pemerintahan pada lokasi kawasan perkantoran.
  3. Inventarisasi asset Nagari serta pemancangan tapal batas antar Nagari untuk lebih menegaskan kewenangan serta keberadaan Nagari
  4. Pendirian BUM Nagari sebagai sarana penunjang pendapatan asli Nagari serta pendirian pasar sebagai lumbung Nagari
  5. Revitalisasi perekonomian berbasis kerakyatan dengan mengoptimalkan potensi lokal, peningkatan teknologi budidaya tanaman pangan, perkebunan, peternakan dan perikanan serta pemberdayaan tanah ulayat.
  6. Pemantapan upaya peningkatan pemahaman dan pelaksanaan nilai adat, budaya, pendidikan moral dan akhlak, revitalisasi budaya Minangkabau dalam kehidupan masyarakat.
  7. Peningkatan kapasitas lembaga kemasyarakatan dan lembaga Nagari guna mengoptimalkan pembangunan.
  8. Pemantapan koordinasi dan sinergi pelaksanaan program pembangunan antar perangkat dan antar Nagari se-Kabupaten Limapuluh Kota.
  9. Peningkatan kualitas pendidikan keterampilan yang berkaitan langsung dengan perdagangan dan jasa.
  10. Peningkatan kualitas, mutu pendidikan, pemantapan staf pendidikan, serta penggunaan sistem informasi dan teknologi maju.
  11. Peningkatan kuantitas dan kualitas peralatan medis dan pengembangan peralatan untuk mendukung pelayanan Puskesmas Pembantu, Polindes dan Puskesri.
  12. Peningkatan penggunaan teknologi informasi dalam perdagangan, pemandu wisata dan jasa lainnya.
  13. Pengembangan lembaga keuangan mikro ditingkat Nagari yang berbasis syariah dan kerakyatan.
  14. Peningkatan pembangunan dan pemeliharaan jalan, jembatan, saluran irigasi dan drainase.
  15. Pembangunan pemukiman dan perumahan, Penerapan ketentuan perizinan bangunan, penambahan kapasitas dan pelayanan listrik serta air minum.
  16. Peningkatan pengawasan penerapan Peraturan Nagari dan penerapan sanksi pelanggaran.

Kebijakan umum di atas dijabarkan ke dalam arah kebijakan, dan program prioritas untuk mencapai sasaran yang akan dilaksanakan oleh Satuan Organisasi dan Tata Kerja Perangkat Nagari.

Melalui rumusan kebijakan umum, diperoleh sarana untuk menghasilkan berbagai program yang paling efektif dalam mencapai sasaran. Sedangkan dari perumusan program pembangunan Nagari menghasilkan rencana pembangunan yang konkrit dalam bentuk program prioritas yang secara khusus berhubungan dengan capaian sasaran pembangunan Nagari.

Dalam mewujudkan capaian keberhasilan pembangunan, Pemerintah Nagari Sikabu Kabu Tanjung Haro Padang Panjang menetapkan rangkaian program sesuai dengan Urusan yang dilaksanakan oleh SOTK dilingkungan Pemerintah Nagari Sikabu Kabu Tanjung Haro Padang Panjang. Penetapan program pembangunan dan penanganan urusan pembangunan yang disesuaikan dengan misi pembangunan Nagari adalah sebagai berikut.

Untuk lebih lengkap dan rinci nya, silakan dowload link Dokumen Lampiran dibawah ini. 

sumber : RPJM Nagari Sikabu-kabu Tj.Haro Pd.Panjang Kec.Luak Kab.Lima Puluh Kota

Komentar untuk artikel ini telah ditutup.