Selamat Datang di Portal Website Resmi Pemerintahan Nagari Tj.Haro Sikabu-kabu Pd.Panjang | Informasi Nagari adalah Hak Masayarakat - UU RI No 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi | AWASI Pembangunan Nagari Kita - LAPORKAN Bila Ada Penyimpangan  

Mendikbud Nadiem : Pemuda Harus Inovatif dan Aktif di Kancah Global

Pemerintahan Nagari 29 Oktober 2019 16:12:48 KBR | Warita Desa

[KBR|Warita Desa], Warta Nagari--

Dalam peringatan Sumpah Pemuda ke-91, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menyampaikan harapannya untuk pemuda Indonesia.

"Pemuda harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah internasional," ujar Mendikbud Nadiem, seperti dilansir Antara, Senin (28/10/2019).

Mendikbud Nadiem juga menegaskan pemuda Indonesia harus punya karakter moral dan kinerja yang tangguh, memiliki kapasitas intelektual, kepemimpinan, kewirausahaan, dan kepeloporan yang mumpuni.

"Kalau pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial suku, agama, ras dan kultur, menuju persatuan dan kesatuan bangsa, maka tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia," kata Mendikbud Nadiem lagi.

Pemuda Indonesia Belum Seperti Harapan Nadiem

Pernyataan Mendikbud Nadiem jelas berisi harapan baik untuk Indonesia. Namun, harapan itu nampak masih jauh dari kenyataan.

Jangankan berinovasi atau "membuka pandangan ke luar batas dunia", hingga kini kebanyakan pemuda Indonesia tak kuasa mengakses pendidikan tinggi.

Menurut Statistik Kepemudaan Indonesia 2018 dari Badan Pusat Statistik (BPS), sampai tahun lalu persentase pemuda Indonesia yang tamat kuliah sangat sedikit.

Dari sekitar 63 juta anak muda Indonesia, mayoritasnya atau 34 persen merupakan tamatan SMA, diikuti 32 persen tamatan SMP. Sedangkan yang lulus kuliah hanya 9 persen.

Menurut data BPS yang sama, mayoritas pemuda Indonesia bekerja sebagai tenaga kasar dan tenaga jasa penjualan. Sedangkan yang bekerja sebagai tenaga profesional sangat minim.

Dengan begitu, di samping urusan inovasi, Mendikbud Nadiem tentu perlu memberi perhatian untuk masalah-masalah terkait ketimpangan pendidikan di Indonesia.

Oleh : Adhi Ahdiat
Editor: Agus Luqman

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator Nagari untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Aparatur Nagari

Sinergi Program

KEMENDAGRI Kementrian Desa Menpan RB
Portal Kab.Lima Puluh Kota Kominfo Lima Puluh Kota BPS Kab.Lima Puluh Kota
Komisi Informasi BPJS Online Legusa Fest
OPENDESA OPENSID
nagari-news.com KBR Prime

Info Media Sosial

LOKASI KAYU KOLEK

Komentar Terkini

Poling Kepuasan Masyarakat

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung