Selamat Datang di Portal Website Resmi Pemerintahan Nagari Tj.Haro Sikabu-kabu Pd.Panjang | Informasi Nagari adalah Hak Masayarakat - UU RI No 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi | AWASI Pembangunan Nagari Kita - LAPORKAN Bila Ada Penyimpangan

Artikel

Bansos Belum Merata, Pemerintah Kesulitan Cari Data Orang Miskin

20 Mei 2020 14:21:33  Pemerintahan Nagari  51 Kali Dibaca  Nasional

[KBR|Warita Desa]

Jakarta-- Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendi menyatakan pembagian bantuan sosial (bansos) belum merata karena terkendala masalah data.

“Perlu diketahui bahwa ternyata untuk mencari data orang miskin juga tidak mudah. Jadi sekarang ini sebetulnya kalau mencairkan dananya mudah, tetapi untuk mendata orang miskin, apalagi dengan ketentuan-ketentuan yang sangat ketat seperti yang sekarang ini dilakukan, itu memang juga tidak mudah," kata Menko Muhadjir dalam konferensi pers, Selasa (19/5/2020).

"Karena itu, misalnya perlu saya sampaikan Kemensos dengan 9 juta target keluarga penerima manfaat baru, itu ada 700 ribu yang datanya belum terhimpun dengan baik,” lanjutnya.

Menurut Menko Muhadjir, data Kementerian Sosial (Kemensos) yang belum baik itu juga menghambat pembagian bantuan langsung tunai (BLT) Desa yang dikelola Kementerian Desa (Kemendes).

“Mohon dimaklumi masalahnya, jadi sangat rumit untuk Kemendes. Karena Kementerian Desa ini memang tidak biasa menyalurkan bansos. Apalagi perintah dari Bapak Presiden, baru saja, belum ada satu bulan. Jadi memang kita untuk menghimpun data langsung dari desa ini perlu penanganan secara khusus," kata Muhadjir.

"Apalagi juga benturan dengan kepentingan Kemensos juga menghimpun data, data di luar DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial). Jadi ini memang nanti harus ada koordinasi yang bagus di lapangan, mana yang harus dibantu melalui skema Kemensos, dan mana yang harus dibantu dana dari BLT Desa,” katanya lagi.

Oleh : Dwi Reinjani, Adi Ahdiat
Editor: Agus Luqman

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


JADWAL SHOLAT & IMSAK

  • Imsak: Imsak:
    Subuh: Subuh:
    Terbit: Terbit:
    Dhuha: Dhuha:
    Dzuhur: Dzuhur:
    Ashar: Ashar:
    Maghrib: Maghrib:
    Isya: Isya:

Layanan Mandiri

    Silakan datang atau hubungi operator Nagari untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Aparatur Nagari

Agenda

Statistik Penduduk

Sinergi Program

KEMENDAGRI Kementrian Desa Menpan RB
Portal Kab.Lima Puluh Kota Kominfo Lima Puluh Kota BPS Kab.Lima Puluh Kota
Komisi Informasi BPJS Online Legusa Fest
OPENDESA OPENSID
nagari-news.com KBR Prime

Info Media Sosial

LOKASI KAYU KOLEK

Youtube Kayu Kolek

Komentar Terkini

Vidio Potensi Nagari

Poling Kepuasan Masyarakat

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:1,037
    Kemarin:2,324
    Total Pengunjung:599,608
    Sistem Operasi:Unknown
    IP Address:3.231.220.225
    Browser:Unknown