• Kampung Baru Jr.Padang Panjang
  • +62 852 4609 8111
  • tanjungharosikabu2pp@gmail.com
INFO
  • Selamat Datang di Portal Website Resmi Pemerintahan Nagari Tj.Haro Sikabu-kabu Pd.Panjang | Informasi Nagari adalah Hak Masayarakat - UU RI No 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi | AWASI Pembangunan Nagari Kita - LAPORKAN Bila Ada Penyimpangan

RANGSANG BERCOCOK TANAM DAN DORONG SWASEMBADA SAYURAN, PEMERINTAH NAGARI BAGIKAN RIBUAN BIBIT

09 November 2018 Pemerintahan Nagari Pemberdayaan


PEMBERDAYAAN.SITAPA -||
Bagian dari upaya untuk merangsang masyarakat bercocok tanaman produktif, Pemerintah nagari Tj.Haro Sikabu-kabu Pd.Panjang  memberikan ribuan  bibit   secara gratis kepada masyarakat. Wali Nagari "Maskar.M"  mengatakan, bibit tanaman yang diberikan kepada masyarakat lebih kepada tanaman produktif yang dapat dirasakan hasilnya.

Ada sekitar 1.500 bibit tanaman produktif  yang dibagikan kepada masyarakat, seperti sayuran , Cabe Rawit (Lado Jintan), Pepaya dll.

Pemerintah Nagari berharap, bibit tanaman yang dibagikan kepada masyarakat dapat menjadi pemicu untuk mencoba dan senang bercocok tanam. Sekurang-kurang nya dapat memanfaatkan perkarangan rumah dengan menanam bibit tersebut dalam polibet yang telah dibagikan bersamaan dengan bibit tersebut.

 Lahan pekarangan memiliki potensi besar dalam mewujudkan ketahanan pangan berbasis keluarga. Seperti bisa dilihat dari tahun seblumnya, untuk menghasilkan sayur-sayuran tidak perlu dengan lahan sawah atau berskala luas.

Berangkat dari hal ini, Pemerintah Nagari meng anggarkan kembali di APB Nagari tahun 2018 untuk pengadaan bibit sayur dan obat, ini dapat  mendorong pemanfaatan pekarangan secara optimal guna menyediakan pangan yang cukup seperti cabai dan sayur-sayuran. Bahkan, mendorong pemanfaatan pekarangan yang lebih luas untuk ditanam komoditas buah-buah dan lain-lain.

##“Ini merupakan program pemberdayaan yang telah dianggarkan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Nagari (APBNag) tahun 2018 dengan nama kegiatan "Pengadaan Bibit Sayur dan Obat". 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar