Selamat Datang di Portal Website Resmi Pemerintahan Nagari Tj.Haro Sikabu-kabu Pd.Panjang | Informasi Nagari adalah Hak Masayarakat - UU RI No 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi | AWASI Pembangunan Nagari Kita - LAPORKAN Bila Ada Penyimpangan

Artikel

RANGSANG BERCOCOK TANAM DAN DORONG SWASEMBADA SAYURAN, PEMERINTAH NAGARI BAGIKAN RIBUAN BIBIT

09 November 2018 15:35:51  Pemerintahan Nagari  kali dibaca  Pemberdayaan


PEMBERDAYAAN.SITAPA -||
Bagian dari upaya untuk merangsang masyarakat bercocok tanaman produktif, Pemerintah nagari Tj.Haro Sikabu-kabu Pd.Panjang  memberikan ribuan  bibit   secara gratis kepada masyarakat. Wali Nagari "Maskar.M"  mengatakan, bibit tanaman yang diberikan kepada masyarakat lebih kepada tanaman produktif yang dapat dirasakan hasilnya.

Ada sekitar 1.500 bibit tanaman produktif  yang dibagikan kepada masyarakat, seperti sayuran , Cabe Rawit (Lado Jintan), Pepaya dll.

Pemerintah Nagari berharap, bibit tanaman yang dibagikan kepada masyarakat dapat menjadi pemicu untuk mencoba dan senang bercocok tanam. Sekurang-kurang nya dapat memanfaatkan perkarangan rumah dengan menanam bibit tersebut dalam polibet yang telah dibagikan bersamaan dengan bibit tersebut.

 Lahan pekarangan memiliki potensi besar dalam mewujudkan ketahanan pangan berbasis keluarga. Seperti bisa dilihat dari tahun seblumnya, untuk menghasilkan sayur-sayuran tidak perlu dengan lahan sawah atau berskala luas.

Berangkat dari hal ini, Pemerintah Nagari meng anggarkan kembali di APB Nagari tahun 2018 untuk pengadaan bibit sayur dan obat, ini dapat  mendorong pemanfaatan pekarangan secara optimal guna menyediakan pangan yang cukup seperti cabai dan sayur-sayuran. Bahkan, mendorong pemanfaatan pekarangan yang lebih luas untuk ditanam komoditas buah-buah dan lain-lain.

##“Ini merupakan program pemberdayaan yang telah dianggarkan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Nagari (APBNag) tahun 2018 dengan nama kegiatan "Pengadaan Bibit Sayur dan Obat". 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Arsip Artikel

Layanan E - LAPOR

    Silakan datang atau hubungi operator Nagari untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Aparatur Nagari

Agenda

Statistik Penduduk

LAKI-LAKI
2,715 Jiwa 
PEREMPUAN
2,745 Jiwa 

Sinergi Program

KEMENDAGRI Kementrian Desa Menpan RB
Portal Kab.Lima Puluh Kota Kominfo Lima Puluh Kota BPS Kab.Lima Puluh Kota
Komisi Informasi BPJS Online Legusa Fest
OPENDESA OPENSID
nagari-news.com KBR Prime

Info Media Sosial

LOKASI KAYU KOLEK

Youtube Kayu Kolek

Komentar Terkini

Vidio Potensi Nagari

Poling Kepuasan Masyarakat

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung