• Kampung Baru Jr.Padang Panjang
  • +62 852 4609 8111
  • tanjungharosikabu2pp@gmail.com
INFO
  • Selamat Datang di Portal Website Resmi Pemerintahan Nagari Tj.Haro Sikabu-kabu Pd.Panjang | Informasi Nagari adalah Hak Masayarakat - UU RI No 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi | AWASI Pembangunan Nagari Kita - LAPORKAN Bila Ada Penyimpangan

Ribuan Peserta Akan Ikuti Exsploring Kayu Kolek Mountainbike 2019

07 Februari 2019 Pemerintahan Nagari Ivent Wisata

IVENT.WISATA-|  Pergelaran ivent Sepeda Gunung akan digelar kembali di Kawasan Wisata Kayu kolek  dalam rangka memajukan Wisata Nagari. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Komunitas-komunitas sepeda gunung yaitunya West Sumatera Adventure Bike 1805 dan Payakumbuh Sepeda Gunung (PSG) bekerjasama dengan Pemerintahan Nagari serta Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS SITAPA). Ivent ini akan diikuti oleh 750 s/d 1000 peserta yang berasal dari lintas komunitas pecinta sepeda gunung yang tersebar disejumlah wilayah Pulau Sumatera dan sejumlah wilayah lainnya yang ada di Indonesia.

Dasar Kegiatan : 

Nagari Tanjung Haro Sikabu Kabu Padang Panjang yang berada didalam wilayah Kecamatan Luak Kabupaten Lima Puluh Kota merupakan sebuah kawasan pedesaan yang memiliki sejumlah objek wisata yang cukup eksotis.

 Berada pada interval ketinggian 550 s/d 1.100 meter diatas permukaan laut (mdpl) menjadikan Nagari ini sebagai salah satu kawasan tujuan wisata yang cukup diminati.

Salah satu objek wisata yang memiliki daya tarik adalah kawasan Wisata Panorama  Kayu Kolek. Kawasan ini menyajikan panorama wilayah Payakumbuh dan Lima Puluh Kota dari ketinggian 1.100 mdpl. Untuk mencapai lokasi tersebut, para pengunjung harus menjejal medan sedikit mendaki pada kemiringan 5 s/d 40 derajat.

Sebelum sampai ke Kayu Kolek, para pengunjung juga akan dimanjakan dengan panorama perbukitan seperti Bukit Kanduang yang berada di Jorong Bukik Kanduang, panorama Bukik Balimbieng di Jorong Tanjung Horo Selatan dan Jorong Lakuak Dama serta panorama Puncak Talang yang berada di Jorong Sikabu Kabu serta jajaran sawah berjenjang yang begitu memanjakan mata.

 Karena sebagian jalan yang dimiliki kawasan perbukitan ini masih berupa tanah dengan sedikit bebatuan maka para pengunjung dianjurkan untuk menggunakan kenderaan roda dua seperti sepeda ataupun sepeda motor, dan untuk kekawasan Kayu Kolek bisa menggunakan kendaraan roda empat dengan kondisi jalan di Rabat Beton.

 

 Maksut dan Tujuan Kegiatan : 

Berangkat dari dasar pemikiran tersebut, kami bermaksud mengajak para pengunjung untuk mendapatkan satu paket lengkap jelajah wisata sehingga seluruh potensi wisata yang ada di Nagari Tanjung Haro Sikabu Kabu Padang Panjang dapat dinikmati seutuhnya melalui sebuah event yang telah sukses sebelumnya  dengan MOUNTAIN BIKE roat to KAYU KOLEK 2018 dan sekarang akan diulang kembali dengan tujuan  yang sama namun dengan nama yang berbeda yaitu  EXSPLORING KAYU KOLEK MOUNTAINBIKE 2019.

Selain untuk mempermudah para pengunjung menikmati sajian wisata alam, acara ini juga merupakan bagian dan upaya kami dalam menjaga kesehatan melalui olah raga berbentuk sepeda gunung.

Acara ini sendiri bertujuan untuk meningkatkan silaturahmi antar lintas organisasi seperti Pemerintahan Nagari, Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) dan masyarakat pecinta sepeda gunung serta sebagai ajang promosi wisata Nagari yang merupakan Produk Unggulan Nagari keseluruh daerah seperti Sumatera Barat,Seumatera Selatan, Sumatera Utara, Aceh, Riau (Kepulauan Sumatera) khususnya dan kekancah nasional bahkan internasional pada umumnya.

 

Waktu dan Tempat :

Berdasarkan hasil rapat Komunitas pecinta sepeda gunung dan koordinasi antara Pemerintah Nagari, Kelompok Sadar Wisata Nagari (POKDARWIS disepakati acara ini akan dilaksanakan pada,

Hari/Tanggal
Pukul 
Tempat 

Start. Finis

: Minggu, 24 Februari 2019
: Pukul 08.00 Wib s/d selesai
: Kawasan Wisata Kayu Kolek
   Nagari Tj.Haro Sikabu-kabu Pd.Panjang Kec.Luak
: Kayu Kolek  Jorong Sikabu-kabu - Lap.Bola Bukik Kanduang

 

Peserta :

Direncanakan acara ini akan diikuti oleh 750 s/d 1000 peserta yang berasal dari lintas komunitas pecinta sepeda gunung yang tersebar disejumlah wilayah Pulau Sumatera dan sejumlah wilayah lainnya yang ada di Indonesia.

 Peserta ini nantinya akan diberikan fasilitas jaminan keamanan, konsumsi dan hiburan serta tempat beristirahat bagi peserta yang berasal dari luar daerah. Selain itu, para peserta juga akan diberikan hadiah Door Prize sepeda, Alat-alat elektronik  dan berbagai hadiah lain yang berasal dari donator, sponsor maupun partisipan.

 Para peserta akan dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp. 50.000,- /orang. Biaya ini merupakan biaya yang akan dipakai sebagai dana operasional seperti memperbaiki lintasan maupun biaya perlengkapan lainnya berdasarkan kebutuhan seperti snack, makan siang, hiburan, publikasi dan keamanan.

 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar