Selamat Datang di Portal Website Resmi Pemerintahan Nagari Tj.Haro Sikabu-kabu Pd.Panjang | Informasi Nagari adalah Hak Masayarakat - UU RI No 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi | AWASI Pembangunan Nagari Kita - LAPORKAN Bila Ada Penyimpangan

Covid-19 di Indonesia

Artikel

Jadi RS Darurat Covid-19, Wisma Atlet Kemayoran Mulai Diaktifkan Senin Depan

23 Maret 2020 10:57:41  Pemerintahan Nagari  11 Kali Dibaca  Nasional

[KBR|Warita Desa/Nagari] Jakarta-- Wisma Altet Kemayoran, Jakarta, akan mulai dioperasikan sebagai rumah sakit darurat penanganan pasien Covid-19 pada Senin depan (23/3/2020).

Dirjen Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Khalawi Abdul Hamid mengatakan, persiapan sudah dilakukan sejak Rabu lalu.

"Dalam waktu 3-4 hari, jadi hari Minggu (persiapan) harus sudah selesai. Hari Minggu gladi resik kira-kira siang. Dan dioperasikan rencana tanggal 23 (Maret) hari Senin, moga-moga diresmikan oleh Bapak Presiden untuk operasionalnya," kata Khalawi saat dihubungi KBR, Jumat siang (20/3/2020).

Dirjen Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Khalawi Abdul Hamid menjelaskan, dari sepuluh tower yang ada, tahap pertama hanya akan disiapkan dan dioperasionalkan sebanyak empat tower sebagai rumah sakit darurat, yakni tower 1, 3, 6, dan 7.

Khusus untuk penanganan pasien akan ditempatkan di tower 6 dan 7 dengan daya tampung total 4.208 orang.

"Dengan asumsi 1 unit diisi 3 orang," jelas Khalawi.

Untuk tower 7 lantai 1, akan digunakan sebagai ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD), lantai 2 untuk ruang ICU, lantai 3 untuk ruang pemulihan, kemudian lantai 4 hingga 32 untuk ruang isolasi pasien.

Khalawi menambahkan, ruangan untuk petugas atau tenaga medis akan dipisah dengan pasien. Para tenaga medis akan menempati ruangan di tower 1 dengan daya tampung 1.750 orang.

Kemudian untuk tower 3 akan digunakan sebagai posko Gugus Tugas Penanganan Covid-19, jajaran Kementerian BUMN, dan Kementerian PUPR.

Khalawi menjelaskan, semua alat kelengkapan kesehatan yang ada di tower 1, 6, dan 7, disediakan oleh PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI).

"PUPR bertanggung jawab menyiapkan fisiknya, termasuk penambahan ruang-ruang untuk IGD tadi, dan beberapa kamar mandi dan ICU. Itu kita kerjakan sampai Hari Sabtu malam," ujarnya.

Oleh : Wahyu Setiawan
Editor: Ardhi Rosyadi

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Layanan Mandiri

    Silakan datang atau hubungi operator Nagari untuk mendapatkan kode PIN Anda (0852 4609 8111).

Aparatur Nagari

Agenda

Statistik Penduduk

LAKI-LAKI
2,715 Jiwa 
PEREMPUAN
2,745 Jiwa 

Sinergi Program

KEMENDAGRI Kementrian Desa Menpan RB
Portal Kab.Lima Puluh Kota Kominfo Lima Puluh Kota BPS Kab.Lima Puluh Kota
Komisi Informasi BPJS Online Legusa Fest
OPENDESA OPENSID
nagari-news.com KBR Prime

Info Media Sosial

LOKASI KAYU KOLEK

Youtube Kayu Kolek

Komentar Terkini

Vidio Potensi Nagari

Poling Kepuasan Masyarakat

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung