Selamat Datang di Portal Website Resmi Pemerintahan Nagari Tj.Haro Sikabu-kabu Pd.Panjang | Informasi Nagari adalah Hak Masayarakat - UU RI No 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi | AWASI Pembangunan Nagari Kita - LAPORKAN Bila Ada Penyimpangan

Artikel

Hutan Pinus

01 Februari 2019 13:22:24  Pemerintahan Nagari  kali dibaca  Potensi Nagari

Hutan.Nagari-- Jalanan tanjakan yang  berkelok-kelok dengan panorama indah nan asri. Hijaunya dedaunan dengan batangan yang tegak dari pohon-pohon pinus di sepanjang  jalan, mendatangkan semilir angin kesejukan yang menyegarkan tubuh serta otak.

Di tengah kesejukan yang menyegarkan badan, terasa enggan untuk memacu motor sekencang mungkin. Yang ada dibenak dan pikiran, hanyalah menikmati keindahan alam serta kesejukan yang mendatangkan kedamaian itu.

Itulah jalanan di Nagari Tanjung Haro Sikabu-kabu Padang Panjang Kecamatan Luak Kabupaten Lima Puluh Kota. Jalanan menuju ke kawasan wisata Kayu Kolek yang dikenal sebagai Negeri di Atas Awan Kaki Gunug Sago dengan panorama keindahan memandang hamparan kota payakumbuh dan kabupaten lima puluh kota.

Keinginan berhenti menikmati kesejukan alam dengan semilirnya angin, menjadi tak tertahankan. Sejumlah titik cukup nyaman untuk disinggahi, menghabiskan waktu guna mendapat kesegaran. Hijaunya dedaunan yang rimbun dari pohon-pohon pinus yang berdiri kokoh, membuat kelelahan di mata terobati. Mata terasa segar dan menjadi lebih bening memandangnya.

Namun hal itu tak mungkin dilakukan berlama-lama, hanya cukup sesaat. Lantaran tidak tersedia tempat yang representatif untuk bisa berlama-lama, santai menikmati kesejukan dan kesegaran angin semilir dari pohon pinus.

“Masyarakat  menginginkannya, menjadikan hutan pinus itu sebagai lokasi wisata. Paling tidak untuk mengawali, kami akan menyiapkan lokasi wisata untuk outbond dan pendirian gazebo-gazebo di titik tertentu, serta membuat rute untuk Sepeda Gunung, motor trabas, dan Off-road , ,” kata wali Nagari Tanjung Haro Sikabu-Kabu Padang Panjang mudah-mudahan semua ini dapat terwujud.

 

bahwa Nagari Tanjung Haro Sikabu-kabu Padang Panjang dengan keberadaan hutan pinusnya, juga menjadi daerah pengembangan wisata yang sangat potensial. Sehingga diharapkan pengembangan wisata hutan pinus, dapat memberikan kesejahteraan bagi masyarakat dan nagari dengan populasi penduduk yang terus bertambah dari tahun ketahun.

Dari kondisi di lapangan, sedikitnya terdapat beberapa  titik atau spot hutan pinus yang bisa menjadi lokasi wisata. Potensi wisata hutan pinus itu  bisa dipadukan dengan outbond dan bentuk rekreasi lainnya, seperti rute Sepeda Gunung, motor trabas, dan Off-road  yang menantang pengendara  yang berjiwa petualang.

 

“Kami sudah menyadari fungsi hutan lindung sangat penting untuk kehidupan. Kami akan menjaga dan melestarikannya, dengan ikut serta menanami hutan yang sudah gundul. Bukan hanya sebatas untuk lokasi wisata hutan pinus, tapi juga untuk menyimpan air yang kami butuhkan,”

Potensi wisata yang besar jika sejumlah titik lokasi sebaran hutan pinus di Desa Puspo tersebut bisa dikelola. Banyak manfaat besar yang bisa diraih oleh banyak pihak, terutama masyarakat, jika hutan pinus itu menjadi lokasi wisata.

Manfaat pertama, masyarakat setempat akan mendapatkan dampak berupa peningkatan ekonomi menjadi sejahtera dan wisatawan akan mendapat kepuasan menikmati kesejukan serta kesegaran hutan pinus. Kedua, dengan keberadaan hutan pinus sebagai lokasi wisata yang mendatangkan keuntungan, otomatis akan ikut serta menjaga kelestariannya.

Sedangkan manfaat ketiga, bahkan bisa menjadi yang terbesar, yakni terjaganya lingkungan hidup karena terpeliharanya hutan lindung. Sumber-sumber air terjaga kelestariannya.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Arsip Artikel

21 Oktober 2019 14:56:52  kali dibaca
Resmi! Jokowi - Ma'ruf Amin Pimpin Indonesia
29 Desember 2019 16:08:52  kali dibaca
Revisi Aturan Bea Masuk Barang Kiriman Diapresiasi
18 September 2019 09:07:13  kali dibaca
Bertahan di Tengah Kepungan Asap Karhutla
21 Februari 2020 08:56:01  kali dibaca
Perbub Nomor 18 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Wali Nagari Antar Waktu
24 September 2018 11:34:59  kali dibaca
Bunga Langka
16 Januari 2020 08:46:35  kali dibaca
Luas Sawah Menyusut, Mentan Ancam Pidana Pelaku Alih Fungsi Lahan
21 November 2019 16:13:48  kali dibaca
Puluhan Gajah Liar Rusak Tanaman di Aceh Timur

Layanan E - LAPOR

    Silakan datang atau hubungi operator Nagari untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Aparatur Nagari

Agenda

Statistik Penduduk

LAKI-LAKI
2,715 Jiwa 
PEREMPUAN
2,745 Jiwa 

Sinergi Program

KEMENDAGRI Kementrian Desa Menpan RB
Portal Kab.Lima Puluh Kota Kominfo Lima Puluh Kota BPS Kab.Lima Puluh Kota
Komisi Informasi BPJS Online Legusa Fest
OPENDESA OPENSID
nagari-news.com KBR Prime

Info Media Sosial

LOKASI KAYU KOLEK

Youtube Kayu Kolek

Komentar Terkini

Vidio Potensi Nagari

Poling Kepuasan Masyarakat

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung