Selamat Datang di Portal Website Resmi Pemerintahan Nagari Tj.Haro Sikabu-kabu Pd.Panjang | Informasi Nagari adalah Hak Masayarakat - UU RI No 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi | AWASI Pembangunan Nagari Kita - LAPORKAN Bila Ada Penyimpangan

Artikel

Arab Saudi Hentikan Penerimaan Umrah, Biro Perjalanan Bingung

27 Februari 2020 16:26:02  Pemerintahan Nagari  270 Kali Dibaca  Nasional

KBR|Warita Desa/Nagari--

Jakarta-- Ketua Persaudaraan Pengusaha Umroh dan Haji (Perpuhi) Solo, Her Suprabu, menyatakan masih menunggu kejelasan informasi terkait pemerintah Arab Saudi menghentikan sementara kegiatan Umroh di negara tersebut untuk mencegah penyebaran virus Korona. Menurut Her, masih ada rangkaian jadwal pemberangkatan umroh hingga pekan depan.

Her mengungkapkan penghentian kegiatan umroh akan berdampak pada nasib jamaah umroh dan biro penyelenggara umroh dan haji.

"Kami baru tadi malam dapat kabar dari muasasah di Arab Saudi terkait penghentian sementara kegiatan umroh dan penundaan visa umroh. Otomatis pengajuan visa jamaah umroh kami juga ditunda sementara. Ini tentunya berdampak pada nasib jemaah umroh dan biro umroh," ujar Ketua Perpuhi Solo, Jateng, Her Suprabu, Kamis (27/02).

Her mengatakan saat ini Perpuhi tengah membahas kebijakan itu. Kata dia kebijakan itu berdampak pada biro perjalanan yang telah memesan tiket dan akomodasi bagi jemaah.


"Tentu ini akan berdampak pada tiket penerbangan yang sudah kita issued, hotel yang sudah kita sewa, ini yang akan kita sampaikan ke jamaah yang mau berangkat. Ini kan infonya masih simpang siur. Visa yang sudah dikeluarkan pemerintah Arab Saudi apakah masih bisa digunakan? Mudah-mudahan visa yang sudah issued itu tetap bisa diterima karena ini berdampak pada proyeksi kerugian dari biro atau jamaah."

Sebelumnya Kerajaan Arab Saudi menghentikan sementara penerimaan jamaah umrah menyusul maraknya penyebaran virus Sarcov-2 atau penyakit Covid-19 di seluruh dunia. Seperti dilaporkan kantor berita SPA, Kamis (27/2/2020), Kemlu menyatakan bahwa otoritas kesehatan Saudi mengikuti perkembangan terkait penyebaran virus korona yang kini juga telah menjangkiti negara tetangga di Timur Tengah, seperti Kuwait, Bahrain, dan Oman.

Saudi juga menghentikan izin masuk menggunakan visa turis dari negara-negara yang tengah mengalami wabah virus korona.

Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi menangguhkan sementara pelayanan umrah bagi warga dari luar kerajaan dalam upaya mencegah penyebaran virus corona baru.

"Telah dilaksanakan penangguhan masuknya warga non-Saudi ke Kerajaan Saudi untuk tujuan umrah dan kunjungan lain serta penghentian penerbitan visa untuk sementara," kata Wakil Menteri Haji dan Umrah untuk Urusan Umrah Arab Saudi Abdulaziz bin Wazzan dalam siaran pers Kementerian Haji Arab Saudi yang diterima di Jakarta, Kamis.

"Kementerian juga mengkonfirmasi perusahaan-perusahaan umrah dan agen luar negeri untuk membatalkan pemesanan apapun sejak diterbitkannya pengumuman ini sampai pemberitahuan lebih lanjut," katanya.

Dia mengatakan kebijakan itu diambil sebagai bagian dari upaya Kerajaan Arab Saudi untuk mencegah masuknya Covid-19.

Oleh: Yudha Satriawan
Editor: Rony Sitanggang

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Layanan Mandiri

    Silakan datang atau hubungi operator Nagari untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Agenda

Aparatur Nagari

Back Next

Arsip Artikel

08 Januari 2019 | 75.080 Kali
Struktur Organisasi Serta Tugas dan FUngsi Badan Musyawarah Nagari (BAMUS)
31 Oktober 2017 | 73.641 Kali
Tugas Pokok dan Fungsi Pemerintahan Nagari
31 Oktober 2017 | 72.559 Kali
Gambaran Umum Kondisi Nagari
26 November 2019 | 72.543 Kali
Profil Wali Nagari Tanjung Haro Sikabu-kabu Padang Panjang
09 April 2018 | 72.470 Kali
ALUR dan JENIS LAYANAN DI KANTOR WALI NAGARI
31 Oktober 2019 | 72.403 Kali
Struktur Organisasi
15 Januari 2019 | 72.373 Kali
Profil Perangkat Nagari

Wilayah Nagari

Statistik Penduduk

Sinergi Program

Smartdukcapil
cOVID 50 KOTA
KEMENDAGRI Kementrian Desa Menpan RB
Portal Kab.Lima Puluh Kota Kominfo Lima Puluh Kota BPS Kab.Lima Puluh Kota
Komisi Informasi BPJS Online Legusa Fest
OPENDESA OPENSID
kcekdata.com

Info Media Sosial

LOKASI KAYU KOLEK

Youtube Kayu Kolek

Komentar Terkini

Vidio Potensi Nagari

Poling Kepuasan Masyarakat

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:1.214
    Kemarin:1.533
    Total Pengunjung:900.986
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.234.97.53
    Browser:Tidak ditemukan