rss_feed

Nagari Tanjung Haro Sikabu - Kabu Padang Panjang

Kampung Baru Jr.Padang Panjang
Kecamatan Luak Kabupaten Lima Puluh Kota Provinsi Sumatera Barat
Kode Pos 26261

call 085246098111| mail_outline tanjungharosikabu2pp@gmail.com

  • NOFRIZAL

    Wali Nagari

  • HERRY WANDA

    Sekretaris Nagari

    Belum Rekam Kehadiran
  • PINO YUANDA

    Kaur Perencanaan

    Belum Rekam Kehadiran
  • NELDIA PUTRI

    Kaur Keuangan

    Belum Rekam Kehadiran
  • DETY PURNAMA ROZA

    Kaur Tata Usaha dan Umum

    Hadir di Kantor Nagari
  • IPIT ENDANG PURNAMA

    Kasi Pemerintahan

    Belum Rekam Kehadiran
  • MUHAMAD RIZKI

    Kasi Kesejahteraan

    Hadir di Kantor Nagari
  • NILA SAFITRI

    Kasi Pelayanan

    Hadir di Kantor Nagari
  • ISMAIL

    Kepala Jorong Sikabu-kabu

    Hadir di Kantor Nagari
  • HERMAN

    Kepala Jorong Lakuak Dama

    Hadir di Kantor Nagari
  • A. WAHID

    Kepala Jorong Bukik Kanduang

    Hadir di Kantor Nagari
  • FAUZAN HAZMI

    Kepala Jorong Tanjung Haro Selatan

    Hadir di Kantor Nagari
  • BOY EKO FEBRIAN

    Kepala Jorong Tanjung Haro Utara

    Belum Rekam Kehadiran
  • ARIF RAHMAN

    Kepala Jorong Padang Panjang

    Hadir di Kantor Nagari
  • RONI PUTRA

    Staff Operator

    Hadir di Kantor Nagari

settings Pengaturan Layar

Selamat Datang di Portal Website Resmi Pemerintahan Nagari Tj.Haro Sikabu-kabu Pd.Panjang | Informasi Nagari adalah Hak Masayarakat - UU RI No 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi | AWASI Pembangunan Nagari Kita - LAPORKAN Bila Ada Penyimpangan
fingerprint
Lindungi Data Pribadi Anda di Facebook

10 Feb 2020 02:47:24 701 Kali

Edukasi, Warta Nagari-- Sebagai raksasa dengan lebih dari 2 miliar penggunan aktif yang tersebar di dunia, Faebook yang telah berevolusi menjadi ekosistem besar yang mampu menampung triliunan catatan termasuk gambar, video, status, komentar, reaksi, iklan dan juga acara hanya dapat disaingi oleh Google.

Karena aspek inilah, Facebook seakan menjadi supermarket konten di mana para penggunanya yang paling aktif menjadi semakin terikat dan tergantung. Meskipun keberhasilan Facebook lebih menguntungkan bagi sebagian besar orang seperti pemegahang saham, karyawan, kontraktor dan pengiklan, tidak untuk pengguna biasa. Facebook justru merekam, mencatat dan menjual data para penggunanya sendiri. Tidak hanya melalui akun Facebook, perusahaan social media satu ini juga mampu merekam dan melacak semua kegiatan seorang meskipun mereka melayari website lain.

Dengan kemampuan merekam informasi massal sebesar ini tentu mengancam keamanan penggunanya, Anda mungkn akan menemukan diri Anda menjadi target pencurian identitas, pemerasa, peretasan atau penipuan finansial. Jika Anda tidak mengambil pencegahan dalam melindungi data pribadi, maka Facebook akan secara leluasa menjual data pribadi Anda. Berikut adalah beberapa cara untuk melindungi privasi Anda di salah satu jaringan media social terbesar di dunia ini.

 

Berikut 10 Cara Melindungi Data Pribadi Dari Facebook

 1. Optimalkan pengaturan privasi inti

Mengunci profil Facebook adalah salah satu cara pertama yang bisa Anda coba. Berkat adanya tekanan dari pengguna, public dan regulator pemerinatah, Facebook telah meningkatkan kebijakan privasi dan mengambil langkah signifikan untuk memberi pengguna kekuatan lebih besar atas informasi yang ingin merekan ungkap dan bagikan kepada siapa yang mereka sukai.

Namun pengaturan privasi default belum memadai dalam mencegah pihak ketiga yang mengancam atau berbahaya untuk mengekstraksi informasi berharga dari data pribadi Facebook Anda.
Untuk mengunci profil Anda, buka menu pengaturan dan klik Privacy. Anda dapat memeriksa apa yang bisa dilihat pengguna Facebook dai pos Anda. Bila Anda ingin mengamankan privasi lebih jauh, Anda bisa memilih fitur Only Me di pengaturan.

 

2. Beri batasan akses berdasarkan pos demi pos

Facebook memungkin Anda menentukan audiens untuk setiap posting, Anda dapat memposting sesuatu tetapi juga bisa membatasi akses ke grup teman tertentu atau menghalangi mereka untuk mengetahuinya.

Ketika Anda mengklik tombol Update Status, buka menu drop-down di sebelah opsi Friends, pilih More Options lalu lanjutkan ke fitur Custom. Disini Anda akan dapat melihat saran teman untuk berbagi akses (biasanya adalah teman yang sudah akan pilih sebelumnya atau teman yang paling sering berkomunikasi dengan Anda).

Jika Anda tidak melihat sesorang yang Anda inginkan di daftar saran, Anda dapat mengetik nama mereka di kotak yang nantinya akan muncul.

 

3. Set foto dan video dalam mode privacy

Pengguna aktif dan lama Facebook bisa saja telah banyak mengunggah ratusan atau ribuan foto ke akun mereka. Informasi gambar seperti ini adalah tambang emas bagi peretas, penipu, pencuri identitas, pmeras, penguntit atau siapa pun dengan niat jahat.

Melindungi posting dari orang lain membuat konten Anda terlindungi dari pandangan public.

Untuk merubah setting ini, Anda bisa mengklik nama Anda di bilah Menu dan pilih foto. Lanjutkan ke opsi Your Picture pada foto yang telah Anda pilih dan hapus foto yang ingin Anda hapus.

Selanjutnya, klik pada Photos of You yang merupaka gambar tempat seseorang memberi atau melabeli tag, arahkan kursor ke foto yang yang dituju dan klik pilihan Edit, pilih Hide from Timeline.

 

4. Sembuyikan usia Anda

Tidak ada larangan dalam membagikan informasi mengenai tanggal lahir, bulan dan tahun Anda lahir pada public. Tetapi ini juga dapat menjadi target penipuan dan pencurian identitas.

Untuk menyembunyikan usia Anda, buka mendu Edit Profile dan lanjut pada bagian About.

Pilih Contact dan Basic Info yang akan membawa Anda pada tanggal lahir yang Anda berikan pada Facebook. Anda dapat melakukan perubahan pada siapa saja yang Anda rasa aman untuk berbagi informasi ini.

 

5. Sembuyikan status hubungan Anda

Sebaiknya sebuah status sepribadi ini hanya Anda bagikan pada keluarga, teman dan orang- orang yang Anda percayai saja. Jangan biarkan Facebook merekam tiap langkah Anda dalam berhubungan.

Bila Anda ingin menjaga privasi ini, klik tombol Edit Profil, lalu About lalu pada Family and Relationship. Abaikan opsi Married, Singel, Divorce, dan Complicated.

Centanglah garis horizontal dibagain atas daftar pilihan turunan untuk memastikan status Anda tidak muncul di profil Anda.

 

6. Batasi permintaan pertemanan

Permintaan pertemanana Facebook bisa datang dari mana saja, baik itu dari negara dan orang asing. Banyaknya permintaan acak asing dapat menenggelamkan permintaan saha dari orang yang kemungkinan Anda kenal.

Untuk mencegah permintaan asing ini Anda hanya perlu membuka menu pengaturan dan pilih Privacy lalu klik Who Can Contact Me untuk memilih Friends of Friends.

 

7. Sembunyikan daftar pertemanan Anda

Salah satu takti pencuri atau peretas adalah mengidentifikasi target korban yang mereka inginkan dengan menelusuri daftar teman. Mereka akan mengirimkan permintaan pertemenana pada beberepa mutual friends dan setelah diterima, mereka akan mengirimkan permintaan pada sang target.

Permintaan ini akan menjadi terlihat valid kerena korban akan melihan bahwa mereka memiliki beberapa teman yang sama.

Tindakan pencegahan yang Anda coba adalah menyembunyikan daftar terman dengan mengklik menu baru paling atas dan klik naman Anda.

Pada daftar opsi, pilih Teman, Menemukan Teman dan lalu klik tombol edit (ikon pensil), lalu lanjutkan ke Edit Privacy, di daftar drop-down, klik fitur Only Me.

 

8. Beri batasan pada hak aplikasi pihak ketiga

Banyak dari aplikasi memungkinan Anda untuk mendaftar dan menghubungkan akun Facebook walau pengguna harus memberikan izin lebih dulu pada pihak aplikasi. Setiap kali Anda membuka aplikasi yang tersambung pada Facebook maka data Anda juga turut terekspos.

Tentu ini meresahkan sekaligus membuat data Anda semakin banyak ditambang, maka hapus semua aplikasi yang tidak lagi Anda guna atau butuhkan.

Bila Anda ingin mempertahankan sebuah aplikasi, batasi izin berbagi untuk Only Me dan singkirkan semua akses yang tidak penting ke detail profil Anda.

 

9. Jangan memposting informasi yang mengungkapkan sesuatu

Tinjau kembali informasi dan data yang telah Anda ungkapkan di social media, bijaksananya Anda tidak perlu membagikan alamat dimana Anda tinggal.

Simpan foto keluarga, anak- anak seminim mungkin, hindari berbagi informasi mengenai tempat dan waktu dimana Anda sedang berada.

Selain itu hendaknya Anda tidak berbagi mengenai permasalahan pribadi yang nantinya dapat direkam dan dipergunakan untuk menjatuhkan Anda.

 

10. Jangan berbagi hal- hal yang mungkin akan di hapus lagi

Sebelum Anda memposting atau meluncurkan sebuah konten, baiknya Anda pastikan jika hal tersebut mungkin saja dapat menyinggung pihak tertentu.

Karena tidak hanya cukup dengan penghapusan, Facebook telah merekam jejak Anda dan dapat mengungkapkannya lagi jika diperluka. Tinjau selalu apa saja yang telah Anda posting dan lakukan pembersihan pada konten yang tidak relevan lagi.

 

Sumber : idCloudhost.com

Post : PPID Nagari 
Kategori : Edukasi Masyarakat

Post Terkait : Jurnalis Pullitzer : Kita "DIJAJAH" Facebook 

business
Kirim Komentar

Untuk artikel ini

person
stay_current_portrait
mail
chat

assessment Statistik Nagari

folder Arsip Artikel


account_circle Aparatur Nagari

map Wilayah Nagari

Alamat : Kampung Baru Jr.Padang Panjang
Nagari : Tanjung Haro Sikabu - kabu Padang Panjang
Kecamatan : Luak
Kabupaten : Lima Puluh Kota
Kodepos : 26261
Telepon : 085246098111
Email : tanjungharosikabu2pp@gmail.com

insert_photo Album Galeri

reorder Vidio Potensi Nagari

reorder LOKASI KAYU KOLEK

message Komentar Terkini

  • person ferly zakaria

    date_range 11 Agustus 2022 12:02:37

    BRI link di tempat kami mencairkan sembako tidak sesuai [...]
  • person Laras Ramadhani

    date_range 11 Agustus 2022 04:49:53

    Ubah status KTP [...]
  • person Faomasi simanjuntak

    date_range 04 Juni 2022 02:13:37

    Kapan buka lowongan nya lagi bapak/ ibu? [...]
  • person M.fauzul rahman

    date_range 10 Mei 2022 05:52:39

    Kmaren bulan 11 saya mengurus surat pindah ke kota [...]
  • person Admin

    date_range 09 April 2022 16:23:42

    Silakan saja hubungi nomor kampus yang tertera disana [...]
  • person Jodi pratama

    date_range 07 April 2022 16:29:47

    Saya ingin mendaftar di kampus universitas Tamansiswa Padang [...]
  • person MIFTAHUL FIKRI

    date_range 09 Maret 2022 01:51:12

    Saya fikri,ingin mendaftar jadi KPPSN. [...]
  • person Lusia Sitanggang

    date_range 10 Januari 2022 04:08:13

    Saya ingin bergabung di PT Philips yang bapak/ ibu pimpin [...]
  • person Riska

    date_range 28 Desember 2021 14:51:23

    Kami di sini kadang mrasa dirugikan krna bri link tmpat [...]
  • person Puja ramadhani

    date_range 24 Desember 2021 15:55:18

    Saya ingin melanjutkan pendidikan sayaa. Saya ingin [...]

reorder Poling Kepuasan Masyarakat

assessment Statistik Pengunjung

Hari ini:2.698
Kemarin:3.672
Total Pengunjung:3.249.099
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:18.208.126.232
Browser:Tidak ditemukan
TRANSPARANSI ANGGARAN
Sumber Data : Siskeudes
insert_chart
APBDes 2021 Pelaksanaan

Realisasi | Anggaran

PENDAPATAN
Rp. 1,549,663,738 | Rp. 1,963,239,149
78.93 %
BELANJA
Rp. 1,332,301,300 | Rp. 2,237,531,330
59.54 %
PEMBIAYAAN
Rp. 0 | Rp. -274,292,181
0 %
insert_chart
APBDes 2021 Pendapatan

Realisasi | Anggaran

Lain-Lain Pendapatan Asli Desa
Rp. 8,070,000 | Rp. 9,000,000
89.67 %
Dana Desa
Rp. 921,303,200 | Rp. 1,088,629,000
84.63 %
Bagi Hasil Pajak dan Retribusi
Rp. 0 | Rp. 24,000,000
0 %
Alokasi Dana Desa
Rp. 613,927,640 | Rp. 838,110,149
73.25 %
Bunga Bank
Rp. 6,362,898 | Rp. 3,500,000
181.8 %
insert_chart
APBDes 2021 Pembelanjaan

Realisasi | Anggaran

BIDANG PENYELENGGARAN PEMERINTAHAN DESA
Rp. 565,482,186 | Rp. 797,999,229
70.86 %
BIDANG PELAKSANAAN PEMBANGUNAN DESA
Rp. 429,815,514 | Rp. 815,984,709
52.67 %
BIDANG PEMBINAAN KEMASYARAKATAN
Rp. 42,935,400 | Rp. 166,160,300
25.84 %
BIDANG PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
Rp. 27,779,700 | Rp. 137,157,680
20.25 %
BIDANG PENANGGULANGAN BENCANA, DARURAT DAN MENDESAK DESA
Rp. 266,288,500 | Rp. 320,229,412
83.16 %