rss_feed

Nagari Tanjung Haro Sikabu - Kabu Padang Panjang

Kampung Baru Jr.Padang Panjang
Kecamatan Luak Kabupaten Lima Puluh Kota Provinsi Sumatera Barat
Kode Pos 26261

call 085246098111| mail_outline tanjungharosikabu2pp@gmail.com

  • NOFRIZAL

    Wali Nagari

  • HERRY WANDA

    Sekretaris Nagari

  • PINO YUANDA

    Kaur Umum dan Perencanaan

  • NELDIA PUTRI

    Kaur Keuangan

  • DETY PURNAMA ROZA

    Kaur Tata Usaha dan Umum

  • IPIT ENDANG PURNAMA

    Kasi Pemerintahan

  • MUHAMAD RIZKI

    Kasi Kesejahteraan

  • NILA SAFITRI

    Kasi Pelayanan

  • ISMAIL

    Kepala Jorong Sikabu-kabu

  • HERMAN

    Kepala Jorong Lakuak Dama

  • A. WAHID

    Kepala Jorong Bukik Kanduang

  • FAUZAN AZMI

    Kepala Jorong Tanjung Haro Selatan

  • ARIF RAHMAN

    Kepala Jorong Padang Panjang

  • RONI PUTRA

    Staff Operator

settings Pengaturan Layar

Selamat Datang di Portal Website Resmi Pemerintahan Nagari Tj.Haro Sikabu-kabu Pd.Panjang | Informasi Nagari adalah Hak Masayarakat - UU RI No 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi | AWASI Pembangunan Nagari Kita - LAPORKAN Bila Ada Penyimpangan
fingerprint
PERJANJIAN KERJASAMA PENYADAPAN GETAH PINUS

09 Mar 2018 03:26:19 1.955 Kali

Kerja.sama -- Nagari : Dalam rangka pemberdayaan Potensi Nagari yang ada untuk meningkatkan Pendapatan Asli Nagari (PAN) sebagai modal pembangunan Nagari, dalam hal ini salah satunya yaitu Hutan Pinus. Pemerintah Nagari telah menandatangani Perjanjian Kerja Sama Penyadapan Getah Pinus dengan CV. Suhanda Bersaudara, dengan isi perjajian sebagai berikut :

 

----------------------------------------------

SURAT PERJANJIAN KERJASAMA

PENYADAPAN GETAH PINUS ANTARA

PEMERINTAH NAGARI SIKABU- KABU TJ. HARO PD. PANJANG

DENGAN CV. SUHANDA BERSAUDARA

Pada hari ini rabu tanggal  10 Januari 2018 kami yang  bertanda tangan dibawah ini :

Nama 

Tempat/ tgl.Lahir 

Jabatan 

Alamat

: MASKAR M

: Sikabu kabu 05 Januari 1968

: Wali Nagari Tj. Haro Sikabu kabu Pd. panjang

: Nagari Tj.Haro Sikabu-kabu  Pd. Panjang kec. Luak Kab. 50 Kota

 

 Dalam hal ini bertindak dalam jabatan tersebut diatas dan karena itu sah untuk dan nama pemerintah Nagari Sikabu-kabu Tj. Haro Pd. Panjang. Selanjutnya disebut sebagai pihak 1 (pertama)

 

Nama 

Tempat/ tgl.Lahir 

Jabatan 

Alamat

: ZELMI SUSANDRA

: Suliki, 03-02-1972

: Direktur CV. SUHANDA BERSAUDARA

: Jorong Korek Hillia Nagari tanjung bungo Kec.  Suliki Kab. 50 kota

 

 

Dalam hal ini bertindak dalam jabatan tersebut diatas dan karena itu sah untuk dan nama perusahaan CV. SUHANDA BERSAUDARA. Selanjutnya disebut pihak ke 2 (kedua)

 

            Bahwa kami pihak 1 (pertama) dan pihak ke 2 (kedua) sepakat untuk mengikat diri dalam suatu perjanjian untuk melaksanakan kerjasama PENYADAPAN DAN PENJUALAN getah pinus dengan ketentuan sebagaimana yang dituangkan dalam perjanjian ini.

 

 

= PASAL 1 =

PERIZINAN

  1. Pihak ke satu menerbitkan SURAT REKOMENDASI sebagai persyaratan pengurusan Ijin Usaha Pemanfaatan Hasil Hutan Bukan kayu (IUPHHBK) .
  2. SUHANDA BERSAUDARA selaku mitrakerja bertanggung jawab mengurus perizinan yang dimaksut diatas ke provinsi dan harus selesai dalam waktu  2 (dua ) bulan sejak tanggal dikeluarkanya Rekomendasi oleh walinagari Tanjung Haro Sikabu kabu Padang Panjang.
  3. Surat rekomendasi yang dimaksut poin 1 (satu) dibuat atas nama anak Nagari yang di anggap mampu dan layak untuk mendapatkan izin sebagaimana yang di butuhkan dalam kerjsama ini.
  4. Penentuan nama dimaksud poin 3 (tiga) akan ditetapkan dalam mekanisme tersendiri secara bersama yang menjadi bagian yang tak terpisahkan ke dalam perjanjian ini.
  5. Segala biaya yang dikeluarkan dalam pengurusan perijinan ditanggung pihak Kedua.

 

= PASAL 2 =

                                                 Pelaksanaan kegiatan

 

  1. Pihak Kedua bertanggung jawab penuh atas pelaksanaan kegiatan.
  2. Pelaksanaan kegiatan dilapangan harus telah dimulai  setelah perizinan di terbitka atau 2 bulan sejak tanggal  rekomendasi diterbitkan oleh pemerintah nagari.
  3. Jam operasional kegiatan ditetapkan 06.00 s/d 18.00 wib.
  4. Dalam pelaksanaan kegiatan pihak ke dua berkewajiban  menjaga keamanan,  ketertiban  kenyamanan masyarakat sekitar serta menjaga  kelestarian hutan.
  5. Kegiatan penyadapan dilakukan sesuai teknis yang terbaik menurut ketentuan yg berlaku sehingga dapat menjamin gercapainya optimalisasi produksi tanpa mengabaikan upaya pelestarian hutan .

 

                                                         = PASAL 3 =

                                                         Tenaga kerja

  1. Pihak Kedua bertanggung jawab penuh atas ketersediaan tenaga kerja.
  2. Tenaga kerja harus sesuai dengan kebutuhan dilapangan.
  3. Tenaga kerja yang dipekerjakan harus mempunyai skil atau telah profesional dibidang  penyadapan getah pinus.
  4. SUHANDA BERSAUDARA akan memberikan kesempatan kerja pada anak nagari dengan tetap memperhatikan kemampuan serta loyalitas kerja.
  5. CV SUHANDA BERSAUDARA bertanggung jawab penuh atas keamanan dan keselamatan seluruh pekerja dengan menempatkan nya pada mes pekerja, serta melaporkan pada pemerintah nagari untuk dapat dilakukan pengawasan dan perlindungan.
  6. Pihak ke dua harus melakukan tidakan tegas atas pekerja yang melakukan kegiatan yang bertentangan dengan aturan hukum, norma agama dan adat istiadat yang berlakudi nagari tj haro sikabu kabu pd panjang.

 

 

= PASAL 4 =

Penumpukan getah dan penimbangan

 

    1. Pihak Kedua bertanggung jawab atas kegiatan penumpukan dan penimbangan termasuk pengamanan serta menyediakan sarana untuk penumpukan dan penimbangan.

  1. Lokasi penumpukan getah pinus dan tempat penimbangan ditentukan oleh pemerintah nagari yang dapat memberikan kenyamanan dan keamanan.
  2. Penimbangan getah pinus dilakukan di tempat penumpukan, yang dihadiri oleh kedua pihak atau perwakilan masing masing yg ditunjuk untuk itu serta di saksikan oleh 2 orang unsur masyarakat yang berkopenten untuk melakukan pengawasan.
  3. Hasil penimbangan di buat dalam rangkap dua dan dapat dinyatakan sah setelah ditanda tangani oleh masing pihak.

 

= PASAL 5 =

Penjualan hasil penyadapan getah pinus

 

  1. SUHANDA BERSAUDARA memegang kuasa penuh atas penjualan Getah Pinus hasil kerjasama ini.
  2. Segala konsekwensi yang timbul atas penjualan getah pinus yang dimaksud menjadi tanggung jawab pihak ke dua.

 

 

= PASAL 6 =

Harga dan pembayaran

 

  1. Harga dan tempat penjualan atas getah pinus sebagaimana yang dimaksud dalam pasal 5 ditentukan sendiri oleh pihak ke dua.
  2. Getah pinus yang telah ditimbang, dapat diangkut /dipindahkan oleh pihak ke dua dari tempat penimbangan, setelah pihak ke dua menyerahkan pembayaran komitmen fee sebesar Rp. 2.000/kg kepada pihak pertama secara TUNAI atau TRANSFER  ke Rekening Nomor  0213.14480-1 Bank Nagari cab Payakumbuh  atas nama Pemerintah Nagari Sikabu-kabu Tanjung Haro Padang Panjang.
  3. Pembayaran  secara TUNAI  dan dianggap sah setelah dibuatkan kwitansi yang ditanda tangani serta dibubuhi stempel oleh pihak ke satu.
  4. Pembayaran TRANSFER  dianggap sah setelah uang masuk ke rekening yang telah ditentukan oleh pihak ke satu yg didukung dengan bukti trasfer.

 

 

= PASAL 7  =

Target produksi

 

  1. Melihat kondisi hutan pinus yg telah kami lihat, pihak ke dua berjanji untuk dapat mengoptimalkan upaya penyadapan dengan target minimal 10 ton /bulan.
  2. Untuk pencapaian target yang dimaksud pihak ke Dua akan mempekerjakan tenaga yang propesional dibidang nya dengan jumlah yang cukup sesuai kondis lapangan serta di damingi dan diawasi  oleh tenaga teknis (GANIS) yang berpengalaman dan dibuktikan dengan sertipikat tenaga teknis  .
  3. Optimalisasi produksi penyadapan dilakukan menurut aturan teknis yang ditentukan tanpa merusak kelestarian hutan pinus .

 

 

= PASAL 8 =

Waktu  kerja sama

 

  1. Waktu kerjasama disepakati 5 tahun yang akan dilakukan evaluasi setiap tahun.
  2. Waktu kerjasama dapat berakhir sebelum batas yang ditentukan apabila
  3. Pihak ke dua mengundurkan diri.
  4. Pihak ke dua tidak dapat melaksanakan pekerjaan/melanggar  kesepakatan yang telah disepakati kecuali  atas alasan FORCE MEJEURE.
  5. Terciptanya sebuah kondisi diluar prediksi /situasi tidak normal yang apabila kerjasama dilanjutkan bisa menyebabkan terjadinya kerugian salah satu pihak dalam kerjasama ini.
  6. Lahirnya regulasi  baru yang membuat kerjasama ini tidak dapat dilaksanakan.

 

 

= PASAL 9  =

Komitmen

 

    1. Sebagai mitra kerja yang memiliki keinginan membangun kerjasama yang baik, CV SUHANDA BERSAUDARA memiliki komitmen sebagai berikut :
    2. Membuat program pelatihan untuk penyad apan getah pinus bagi masyarakat Nagari yang ingin berpartisipasi dalam proses penyadapan getah pinus.
    3. Membuat jalan/akses transportasi keatas bukit sebagai sarana pengangkutan hasil produksi, pengamanan dan pengawasan hutan.
    4. Membantu pemerintah Nagari Sikabu-kabu Tanjung Haro Padang Panjang dalam membangun rumah pohon di areal hutan pinus sebagai upaya pengembangan destinasi wisata nagari.
    5. Membantu mensukseskan kegiatan pemuda dalam bidang keagamaan dan olah raga

  1. Mengganti tanaman pinus yang telah mati / mengisi lahan yang kosong dengan tanaman yang produktif sehingga dapat menjadi bermamfaat bagi nagari.

 

 

= PASAL 10 =

Penyelesaian masalah

 

  1. Bila terjadi permasalahan kedua pihak akan melakukan upaya penyelesaian secara musyawarah mengkedepankan azaz kekeluargaan.
  2. Bila tidak terjadi kesepakatan penyelesaian masalah akan dilakukan sesuai aturan hukum yg berlaku.

 

= PASAL 11 =

Lain-lain

 

Apabila ada hal yang belum diatur dalam perjanjian ini, maka akan dibuatkan perjanjian tambahan yang menjadi bagian dari perjanjian ini.

 

= PASAL 12 =

Penutup

 

Surat kerja sama ini dibuat   sebagai upaya pemberdayaan sumber daya alam yang ada di nagari dalam meningkat pendapatan asli nagari guna menunjang pelaksanaan pembangunan menuju  nagari Bermartabat sejahtera dan mandiri.

 

 --------------------------------------

Diharapkan kepada seluruh masyarakat/ pihak-pihak terkait agar dapat mendukung dan mengawasi sehingga kerjasama ini berjalan dengan baik.

Silakan klik :  (Dowload)  untuk surat  Perjanjian Kerja sama Penyadapan Getah Pinus

business
Komentar

Pada artikel ini

  • person
    Admin

    28 Maret 2018 09:00:59

    Pak Dedidot, dari fee Rp 2000/kg, akan masuk ke kas Nagari dan Menjadi PAN (Pendapatan Asli Nagari) nanti nya pak... Disana kan tertulis dalam rekening Bank atas Nama Pemerintah Nagari Tanjung Haro Sikabu-kabu Padang Panjang, yang nanti kegunaan nya untuk pembangunan nagari kita juga pak dedi, Gimana pak ? udah terjawab pertanyaan yang bapak ajukan tersebut.. Kalo belum balas komentar ini atau hubungi informasi publik nagari ya pak. no kontak nagari sudah ada di web.https://tanjungharosikabukabupadangpanjang.desa.id/first/artikel/127 Terimakasih pak, telah berkunjung ke website nagari, dan memberikan tanggapan/ masukan tentang informasi yang disampaikan demi kemajuan nagari. Mari bersama membangun nagari dalam menciptakan transparansi..
  • person
    Dedidot

    27 Maret 2018 07:55:53

    Point2 perjanjiannya bagus, tapi disini kami belum dapat info tentang penggunaan hasil dari fee Rp. 2000/kg yg disebutkan dalam perjanjian ini.
  • person
    admin

    12 Maret 2018 07:21:28

    Terimakasih pak "Irwan Buchori".. Iya pak.. Kami mintak masukan dan saran nya juga dari masyarakat untuk tahun2 selanjutnya...
  • person
    Irwan buchari

    09 Maret 2018 10:54:59

    Semoga kerjasama ini membawa nilai positif terhadap nagari, point² nya cukup menguntungkan dan sangat tepat dengan opsi evaluasi setiap tahun. Maju terus nagari Kito.
  • person
    admin

    09 Maret 2018 04:30:45

    Terimkasih juga buk Zultina Hayati,.. telah mengunjungi website nagari , ini sebagai bukti masyarakat peduli terhadap kinerja pemerintah dan pembangunan nagari.
  • person
    Zultina hayati

    09 Maret 2018 04:26:46

    Maju terus buat nagari sikabu kabu tjg haro p panjang.terima kasih kapado wali nagari dan jajaran sudah bekerja keras mambangun nagari. Jaya terus nagari kito.
business
Kirim Komentar

Untuk artikel ini

person
stay_current_portrait
mail
chat

folder Arsip Artikel


account_circle Aparatur Nagari

map Wilayah Nagari

assessment Statistik Nagari

insert_photo Album Galeri

reorder Vidio Potensi Nagari

reorder LOKASI KAYU KOLEK

message Komentar Terkini

  • person M.fauzul rahman

    date_range 10 Mei 2022 05:52:39

    Kmaren bulan 11 saya mengurus surat pindah ke kota [...]
  • person Admin

    date_range 09 April 2022 16:23:42

    Silakan saja hubungi nomor kampus yang tertera disana [...]
  • person Jodi pratama

    date_range 07 April 2022 16:29:47

    Saya ingin mendaftar di kampus universitas Tamansiswa Padang [...]
  • person MIFTAHUL FIKRI

    date_range 09 Maret 2022 01:51:12

    Saya fikri,ingin mendaftar jadi KPPSN. [...]
  • person Lusia Sitanggang

    date_range 10 Januari 2022 04:08:13

    Saya ingin bergabung di PT Philips yang bapak/ ibu pimpin [...]
  • person Riska

    date_range 28 Desember 2021 14:51:23

    Kami di sini kadang mrasa dirugikan krna bri link tmpat [...]
  • person Puja ramadhani

    date_range 24 Desember 2021 15:55:18

    Saya ingin melanjutkan pendidikan sayaa. Saya ingin [...]
  • person Puja ramadhani

    date_range 24 Desember 2021 15:54:40

    Saya ingin melanjutkan pendidikan sayaa. Saya ingin [...]
  • person Syaema

    date_range 14 Desember 2021 04:53:38

    Maaf, apa bisa jika saya meminta file pdf KK di smart [...]
  • person Maigha isda helvina

    date_range 06 Desember 2021 05:26:09

    Mau urus surat pindah. Tapi katanya saya sudah tidak [...]

reorder Poling Kepuasan Masyarakat

assessment Statistik Pengunjung

Hari ini:1.568
Kemarin:2.035
Total Pengunjung:2.973.676
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:3.238.180.255
Browser:Tidak ditemukan
TRANSPARANSI ANGGARAN
Sumber Data : Siskeudes
insert_chart
APBDes 2021 Pelaksanaan

Realisasi | Anggaran

PENDAPATAN
Rp. 1,549,663,738 | Rp. 1,963,239,149
78.93 %
BELANJA
Rp. 1,332,301,300 | Rp. 2,237,531,330
59.54 %
PEMBIAYAAN
Rp. 0 | Rp. 274,292,181
0 %
insert_chart
APBDes 2021 Pendapatan

Realisasi | Anggaran

Lain-Lain Pendapatan Asli Nagari
Rp. 8,070,000 | Rp. 9,000,000
89.67 %
Dana Desa
Rp. 921,303,200 | Rp. 1,088,629,000
84.63 %
Bagi Hasil Pajak dan Retribusi
Rp. 0 | Rp. 24,000,000
0 %
Alokasi Dana Desa
Rp. 613,927,640 | Rp. 838,110,149
73.25 %
Bunga Bank
Rp. 6,362,898 | Rp. 3,500,000
181.8 %
insert_chart
APBDes 2021 Pembelanjaan

Realisasi | Anggaran

BIDANG PENYELENGGARAN PEMERINTAHAN DESA
Rp. 565,482,186 | Rp. 797,999,229
70.86 %
BIDANG PELAKSANAAN PEMBANGUNAN DESA
Rp. 429,815,514 | Rp. 815,984,709
52.67 %
BIDANG PEMBINAAN KEMASYARAKATAN
Rp. 42,935,400 | Rp. 166,160,300
25.84 %
BIDANG PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
Rp. 27,779,700 | Rp. 137,157,680
20.25 %
BIDANG PENANGGULANGAN BENCANA, DARURAT DAN MENDESAK DESA
Rp. 266,288,500 | Rp. 320,229,412
83.16 %