Selamat Datang di Portal Website Resmi Pemerintahan Nagari Tj.Haro Sikabu-kabu Pd.Panjang | Informasi Nagari adalah Hak Masayarakat - UU RI No 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi | AWASI Pembangunan Nagari Kita - LAPORKAN Bila Ada Penyimpangan

Artikel

KI Sumbar Lounching Monev Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2020

02 Juli 2020 16:16:11  Pemerintahan Nagari  80 Kali Dibaca  Daerah

Sumbar, Warta Nagari,-- Komisi Informasi (KI) Sumatera Barat kembali akan  melaksanakan pemeringkatan badan publik se Sumatera Barat tahun 2020. Pada pemeringkatan Keterbukaan Informasi Publik tahun 2020 ini, KI Sumbar melaksanakan Lounching Monitoring dan Evaluasi Badan Publik tingkat Sumatera Barat  di Aula Dinas Komunikasi dan informatika Provinsi Sumatera Barat, Rabu (01/06).

Monev ini dihadiri oleh Gubernur Sumbar , Kadis Kominfo Sumbar, Ketua Komisi I DPRD Sumbar dan beberapa Pimpinan badan publik se Sumatera Barat termasuk Nagari  Tj.Haro Sikabu-kabu Pd.Panjang yang merupakan nagari yang mandapatkan penghagaran kategori  Desa/Nagari  Informatif dan peringkat 1 (satu) se Sumatra Barat pada tahun 2019.

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno,  "menyampaikan apresiasi kepada KI Sumbar atas kegigihan dan keaktifannya, walau di tengah covid-19 KI Sumbar tetap pro aktif dan bergerak dalam melaksanakan UU No 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik".

" Dengan keterbukaan informasi publik itu bentuk pertanggungjawaban atas uang rakyat. Bagi badan publik atau orang yang mengelola uang rakyat,  ini merupakan  suatu keharusan, kewajiban , keniscayaan, untuk wajib mengumumkam atau menginformasikan ke publik, karna ada regulasi dan undang2 nya, boleh tertutup untuk informasi dikecualikan dan diatur undang-undang", ucap Irwan Prayitno.

"Disaat wabah inilah untuk pengawasan harus lebih dtingkatkan lagi , karna bnyak penggunaan anggaran APBD /APBN dikucurkan untuk  penanganan wabah Covid-19",jelasnya.

Ketua KI Sumbar, Noval Wiska juga menjelaskan," bahwa selaku Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID)  yang bertanggung jawab dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat melalui masing-masing badan publik harus sangat perlu berinovasi dan kreatifitas dalam membuat serta menyampaikan informasi kepada masyarakat. PPID haru mengikuti selera masyarakat, supaya dapat meningkatkan minat masyarakat untuk membaca atau membuka Website atau media sosial badan publik yang merupakan alat untuk menyampaikan informasi.

Untuk penilaian tahun 2020 prosesnya tetap sama dengan tahun sebelumnya , yang pertama Pendistribusian  Kusioner (SAQ) indikator  yang  di isi oleh  Badan Publik serta melengkapi bukti data/dokumentasi  sesuai kusioner yang di isi tersebut ,  tambah Tanti Endang Lestari yang merupakan Ketua Kelembagaan KI Sumbar.

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Nagari

Back Next

Layanan Mandiri

    Silakan datang atau hubungi operator Nagari untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Arsip Artikel

08 Januari 2019 | 61.512 Kali
Struktur Organisasi Serta Tugas dan FUngsi Badan Musyawarah Nagari (BAMUS)
31 Oktober 2017 | 60.077 Kali
Tugas Pokok dan Fungsi Pemerintahan Nagari
31 Oktober 2017 | 58.963 Kali
Gambaran Umum Kondisi Nagari
26 November 2019 | 58.954 Kali
Profil Wali Nagari Tanjung Haro Sikabu-kabu Padang Panjang
09 April 2018 | 58.914 Kali
ALUR dan JENIS LAYANAN DI KANTOR WALI NAGARI
31 Oktober 2019 | 58.830 Kali
Struktur Organisasi
15 Januari 2019 | 58.789 Kali
Profil Perangkat Nagari

Agenda

Wilayah Nagari

Statistik Penduduk

Sinergi Program

Smartdukcapil
cOVID 50 KOTA
KEMENDAGRI Kementrian Desa Menpan RB
Portal Kab.Lima Puluh Kota Kominfo Lima Puluh Kota BPS Kab.Lima Puluh Kota
Komisi Informasi BPJS Online Legusa Fest
OPENDESA OPENSID
nagari-news.com

Info Media Sosial

LOKASI KAYU KOLEK

Youtube Kayu Kolek

Komentar Terkini

Vidio Potensi Nagari

Poling Kepuasan Masyarakat

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:1.302
    Kemarin:2.625
    Total Pengunjung:855.528
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.234.250.24
    Browser:Tidak ditemukan